Tentang Samasta

Samasta diambil dari bahasa Sanskerta yang memilki arti 'mempertemukan' atau 'menghubungkan'. Perjalanan Samasta dimulai di bulan Juni 2020 di Jakarta saat dimana pada saat itu pandemi virus COVID-19 sedang melanda kota-kota besar. 

Awal terbentuknya Samasta bermula dari ide sederhana yaitu menghadirkan minuman kopi fresh yang bisa dinikmati di rumah dan diantar setiap pagi hari untuk para tetangga Samasta yang berada di daerah Jakarta Utara. Ide ini muncul karena pada masa pandemi tersebut banyak kedai kopi atau kafe yang berlokasi di area komersial / perkantoran harus harus tutup operasional demi alasan keamanan. Dari sinilah ide untuk menghadirkan produk minuman kopi berkualitas yang dikirim secara rutin langsung ke rumah-rumah pelanggan. 

Sementara untuk resep minuman kopi Samasta yang ada sekarang sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 2015. Saya adalah pecinta kopi yang memiliki masalah kesehatan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau tingkat asam lambung yang berlebihan.

Sejak djelaskan oleh dokter pada tahun 2014 bahwa saya punya isu GERD dan tidak boleh mengkonsumsi kopi, saya terus belajar untuk bisa membuat kopi sendiri yang ramah untuk lambung. Salah satunya melalui buku "Craft Coffee". Lalu suatu hari saya bertemu dengan teman lama di Jakarta yang kebetulan pernah jadi Barista di kedai kopi independen di Melbourne, Australia. Di sinilah saya diajarkan langsung oleh dia tentang ilmu dan teknik membuat kopi yang enak dan aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung. 

Saat ini Samasta fokus untuk menghadirkan berbagai pilihan produk kopi dengan kualitas tinggi dan harga yang wajar. Hal ini sangat didukung oleh mitra pemasok biji kopi yang sudah saya seleksi dan kurasi langsung dari petani kopi lokal dan pelaku usaha mikro & kecil di bidang kopi di Indonesia. 

Bagi saya Samasta adalah apresiasi terhadap perjalanan hidup dan tujuan. Dimulai dari kopi, saya ingin Samasta hadir di tengah rutinitas harian untuk memberikan semangat, inspirasi dan harapan bagi siapa saja dalam menjalani hari dan menggapai suatu tujuan atau cita-cita, melalui kopi.

Salam dan terima kasih atas kepercayaannya selama ini terhadap Samasta, 
Kanta