Tujuan

Menyediakan produk kebutuhan sehari-hari dengan akses yang mudah di lingkungan terdekat

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020 telah mengubah banyak aspek di hidup kita, termasuk cara bekerja, bepergian dan bersosialisasi. Berbagai negara menerapkan kebijakan lockdown dengan menutup akses keluar/masuk dari suatu area/negara dan menutup aktivitas operasional di pusat keramaian termasuk gedung perkantoran, sekolah, dan pusat perbelanjaan. Hal ini untuk memaksa orang untuk beraktivitas dari dalam rumah. 

Hal ini adalah salah satu yang mendasari ide dimulainya Samasta, yaitu untuk menyajikan minuman kopi fresh & nikmat yang dikirim langsung ke rumah-rumah secara rutin setiap pagi hari. Kopi telah menjadi kebutuhan pokok harian bagi mayoritas masyarakat kota Jakarta. Dan Samasta ingin memenuhi kebutuhan minum kopi kamu dengan aman dan nyaman di rumah selama masa pandemi.

Membuat produk berkualitas tanpa merusak ekosistem

Samasta selalu memikirkan dampak terhadap lingkungan termasuk makhluk hidup di dalamnya dari setiap aktivitas kerja yang dilakukan. Kami berusaha untuk selalu mengurangi jumlah sampah atau sisa produksi dari setiap produk yang kami hasilkan. Hal konkrit yang kami lakukan sejak awal adalah menghindari penggunaan plastik sekali pakai di seluruh kemasan produk. 

Menurut data OceanWastePlastics dan Asosiasi Industri Plastik Indonesia, terdapat 90 juta sedotan plastik per hari dan 10 milyar kantong plastik per tahunnya yang dibuang ke sungai dan laut yang dapat merusak ekosistem. 

Ditambah lagi dengan data minuman kopi adalah minuman paling banyak ke-2 yang dikonsumsi secara harian di Indonesia, dengan total 120 juta liter kopi dikonsumsi per tahun di Indonesia. Mengingat lebih dari 90% dari minuman kopi yang beredar di Indonesia masih menggunakan plastik seperti sedotan plastik, cup plastik dan kantong plastik, maka dapat dibayangkan seberapa banyak sampah plastik yang dihasilkan hanya dari industri kopi.